Oleh:
Seget Tariyoso
(Dosen STKIP Budidaya Binjai)
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ada
perbedaan dibandingkan hasil belajar
siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan untuk
mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran
dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada pokok bahasan Struktur Atom
pada siswa SMA Swasta Maju Binjai. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang
ditentukan secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas
eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test
yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji
normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen
dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test
untuk dua pihak dengan α = 0.05 dan db = 62, dan Ha diterima, yaitu terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif TGT dengan kooperatif tipe STAD.
Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan
didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 45.93 persen sedangkan persen keberhasilan belajar
siswa kelas eksperimen 2 sebesar 36.91 persen . Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif
tipe TGT daripada STAD adalah 24,44%. Dengan melihat keberhasilan belajar
dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pokok Bahasan
Struktur Atom, maka diharapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ini dapat
diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Download :
GoogleDrive : http://adf.ly/kvmDj
4Shared : http://adf.ly/kvmSx
0 comments:
Post a Comment