Saturday, 26 April 2014

Oleh:  Seget Tariyoso
(Dosen STKIP Budidaya Binjai)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ada perbedaan  dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan untuk mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada pokok bahasan Struktur Atom pada siswa  SMA Swasta Maju Binjai. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang ditentukan secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test untuk dua pihak dengan α = 0.05 dan db = 62, dan Ha  diterima, yaitu  terdapat  perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan  menggunakan  model pembelajaran kooperatif TGT dengan kooperatif tipe STAD. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 45.93 persen sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 36.91 persen . Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT daripada STAD adalah 24,44%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pokok Bahasan Struktur Atom, maka diharapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan STAD

Download :
GoogleDrive : http://adf.ly/kvmDj
4Shared : http://adf.ly/kvmSx

0 comments:

Post a Comment