Oleh: Seget Tartiyoso
(Dosen STKIP Budidaya Binjai)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model kooperatif tipe NHT menggunakan Powerpoint dan media kartu flash
di kelas XI IPA SMA Swasta Taman Siswa Binjai
semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Tamansiswa Binjai. Sampel
penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen I dan
eksperimen II. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT
dengan menggunakan Powerpoint dan
kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan
menggunakan media kartu. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar kimia. Data statistik
analisis penelitian ini menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai
82%, dan di kelas eksperimen II 51%. Nilai rata-rata pre-tes kelas
eksperimen I (26,5) dan pos-tes (86,5). Kelas
eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pre-tes (28) dan pos-tes (64,67). Data
pre-tes, pos-tes diuji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Data
pre-tes kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen
sebelum mendapat perlakuan berbeda. Besarnya perbedaan peningkatan hasil
belajar siswa sebesar 31%.
Kata
kunci: pembelajaran kooperatif tipe NHT, Powerpoint, kartu flash
Download :
GoogleDrive : http://adf.ly/kvkZn
4shared : http://adf.ly/kvklX
0 comments:
Post a Comment