Oleh: Seget Tartiyosoya
(Dosen STKIP Budidaya Binjai)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa dengan
menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS dengan NHT diintegrasikan pendidikan karakter. Sebagai
populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA swasta Tamansiswa Binjai. Sampel penelitian
diambil 2 kelas yang berjumlah 72 siswa.
Kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TPS terintegrasi
pendidikan karakter, sedangkan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model
kooperatif tipe NHT terintegrasi pendidikan karakter. Data yang diperoleh,
rata-rata nilai pretes kelas eksperimen I sebesar (30,97 ± 9,09) dan rata-rata
nilai postes sebesar (80,59 ± 8,09), sedangkan rata-rata nilai pretes kelas
eksperimen II adalah (33,89 ± 7,28) dan rata-rata nilai postes adalah (76,53 ±
7,35). Hasil perhitungan uji hipotesis, thitung > ttabel (3,14
> 1,997), berarti ada pengaruh hasil belajar dengan model kooperatif tipe
TPS dengan NHT yang diintegrasikan pendidikan karakter. Analisis data hasil
belajar diperoleh persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar
72,1% dan kelas eksperimen II sebesar 64,3%. Dari hasil perhitungan karakter
dengan uji korelasi diperoleh ada korelasi positif dan signifikan antara nilai
peningkatan hasil belajar kimia dengan karakter sikap siswa yang
pembelajarannya dengan model kooperatif tipe TPS dengan NHT terintegrasi
pendidikan karakter. Analisis data hubungan karakter dengan hasil belajar
diperoleh persen peningkatan kelas eksperimen I sebesar 77,3% dan kelas
eksperimen II sebesar 70,2%.
Kata Kunci: pembelajaran
kooperatif tipe TPS dan NHT, pendidikan karakter.
0 comments:
Post a Comment