Saturday, 26 April 2014

Oleh: Seget Tartiyosoya
(Dosen STKIP Budidaya Binjai)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan NHT diintegrasikan pendidikan karakter. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA swasta Tamansiswa Binjai. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang berjumlah 72 siswa. Kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TPS terintegrasi pendidikan karakter, sedangkan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model kooperatif tipe NHT terintegrasi pendidikan karakter. Data yang diperoleh, rata-rata nilai pretes kelas eksperimen I sebesar (30,97 ± 9,09) dan rata-rata nilai postes sebesar (80,59 ± 8,09), sedangkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen II adalah (33,89 ± 7,28) dan rata-rata nilai postes adalah (76,53 ± 7,35). Hasil perhitungan uji hipotesis, thitung > ttabel (3,14 > 1,997), berarti ada pengaruh hasil belajar dengan model kooperatif tipe TPS dengan NHT yang diintegrasikan pendidikan karakter. Analisis data hasil belajar diperoleh persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 72,1% dan kelas eksperimen II sebesar 64,3%. Dari hasil perhitungan karakter dengan uji korelasi diperoleh ada korelasi positif dan signifikan antara nilai peningkatan hasil belajar kimia dengan karakter sikap siswa yang pembelajarannya dengan model kooperatif tipe TPS dengan NHT terintegrasi pendidikan karakter. Analisis data hubungan karakter dengan hasil belajar diperoleh persen peningkatan kelas eksperimen I sebesar 77,3% dan kelas eksperimen II sebesar 70,2%.


Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT, pendidikan karakter.
Download :
GoogleDrive : http://adf.ly/kvo0Z
4Shared : http://adf.ly/kvoE0

0 comments:

Post a Comment