Saturday, 26 April 2014

Irwan*
9Dosen STKIP Budidaya Binjai)

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 28 siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh  dalam  2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam  penelitian ini dengan mengumpulkan  nilai hasil instrumen tes I, dan instrumen tes II, serta hasil observasi. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada materi program linier meningkat,  yaitu nilai ketuntasan secara individual yang dihasilkan 75 atau lebih dan siswa yang mendapat nilai 75 atau lebih sejumlah minimal 85% dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan observer bahwa terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa serta kondisi siswa di dalam proses pembelajaran. Siklus II dipandang sudah cukup baik, karena nilai rata-rata hasil instrumen tes yang diperoleh mengalami peningakatan dari 73,3 pada siklus I menjadi 79,8 pada siklus II, demikian juga pada ketuntasan klasikal belajar siswa yaitu dari 65,5% pada siklus I menjadi 89,3% pada tes siklus II. Simpulan yang dapat diambil setelah melakukan penelitian  adalah  model pembelajaran cooperative type two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar pada materi program linier.

Kata Kunci : cooperative type two stay two stray.

Download :
GoogleDrive : http://adf.ly/kvqRC

0 comments:

Post a Comment