Irwan*
9Dosen STKIP Budidaya Binjai)
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tahun pelajaran 2012/2013
sebanyak 28 siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam
2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai hasil instrumen tes I, dan instrumen
tes II, serta hasil observasi. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah
apabila hasil belajar siswa pada materi program linier meningkat, yaitu nilai ketuntasan secara individual yang
dihasilkan 75 atau lebih dan siswa yang mendapat nilai 75 atau lebih sejumlah
minimal 85% dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan
adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang
diperoleh dari hasil pengamatan observer bahwa terjadi peningkatan nilai hasil
belajar siswa serta kondisi siswa di dalam proses pembelajaran. Siklus II dipandang sudah cukup baik, karena nilai rata-rata hasil
instrumen tes yang diperoleh mengalami peningakatan dari 73,3 pada siklus I
menjadi 79,8 pada siklus II, demikian juga pada ketuntasan klasikal belajar
siswa yaitu dari 65,5% pada siklus I menjadi 89,3%
pada tes siklus II. Simpulan yang dapat diambil setelah melakukan
penelitian adalah model pembelajaran cooperative type two stay two stray dapat meningkatkan hasil
belajar pada materi program linier.
Kata Kunci : cooperative type two stay two stray.
Download :
GoogleDrive : http://adf.ly/kvqRC
4Shared : http://adf.ly/kvr7U
0 comments:
Post a Comment